Apa Itu Blog? Berikut Penjelasan Singkatnya Yang Mudah Dipahami Pemula

Apa Itu Blog


Apakah Anda penasaran dengan blog? Ingin mengetahui apa itu blog? Disini admin akan membagikan sedikit pembahasan tentang pengertian blog.


Namun sebelum lanjut membaca, alangkah baiknya jika sediakan secangkir hangatnya kopi untuk menemani Anda saat membaca agar semakin enjoy.


Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang blog, di luaran sana memang sudah banyak para senior yang telah menjelaskan tentang pengertian dan definisi blog.


Namun disini Anda akan menemukan jawaban yang insya allah akan lebih memahamkan pemaahaman Anda tentang blog.


Tanpa banyak bicara lagi mari kita menuju kepembahasan tentang blog, namun sebelumnya silahkan minum dulu secangkir kopi hangat yang telah disediakan. 


Apa itu blog?

Weblog atau blog ialah website atau jurnal online yang memuat beragam informasi serta menampilkan postingan terupdate di bagian atas halaman. Konten atau postingan blog diperbarui secara berkala, dan biasanya dikelola oleh satu atau sekelompok kecil pengguna (user).


Meskipun di atur oleh banyak user, misalnya pikiran dan opini yang dituliskan tetap berfokus pada satu topik atau yang biasa disebut para blogger “niche”. Demikianlah pengertian dan definisi blog secara umum. Hanya saja, belakangan ini garis perbedaan blog dan website semakin kabur.


Singkatnya, Blog adalah bentuk Aplikasi Web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Selain itu juga bisa berupa produk atau yang lainnya.


Pada awalnya blog dipopulerkan oleh blogger yang diluncurkan ditahun 1999 oleh Pyra Labs sebelum akhirnya di akuisisi oleh Google pada tahun 2003.


Apa Gunanya Blog dan Fungsinya Apa?

Ada banyak alasan mengapa perusahaan atau orang menggunakan sebuah blog. Sebagai contoh, Anda suka memelihara kucing dan ingin membagikan hobi serta kisah yang dimiliki ke audience di internet.


Atau mungkin Anda adalah seorang pembisnis dan ingin menawarkan produk yang dimiliki dengan menuliskannya di blog untuk menjangkau lebih banyak audience dan meningkatkan awarenes.


Selain itu, dengan memiliki sekaligus mengelola blog, user juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang di peroleh dari sebuah blog yang dimana telah berpartner dengan google adsense untuk di monetisasi.


Selain itu tentu masih ada banyak lagi kegunaan blog dan fungsi-fungsinya yang dapat diperoleh setiap user.


Apa itu Blogging?

Blogging ialah aktifitas menulis dan mengelola blog dengan memanfaatkan alat digital yang ada diinternet agar seorang blogger bisa menulis, membagikan, serta menautkan konten dengan mudah.


Aktifitas blogging dimulai dari awal tahun 2000an dimana sejumlah blog berbau muatan politik bermunculan. Beberapa sesaat setelahnya muncul blog bertemakan how-to dan tutorial.


Blog berbeda dengan kegiatan jurnalis. Bahkan garis yang membedakan kedua aktifitas tersebut semakin jelas belakangan ini.


Setelah membahas apa itu blog, apa kegunaannya dan blogging itu apa, maka selanjutnya Anda akan mengenal apa itu Blogger, atau siapakah Blogger?


Siapa itu Blogger?

Blogger adalah orang yang membuat dan mengelola blog, membagikan pandangan serta perspektif merka ke audience secara online baik untuk tujuan pribadi ataupun bisnis.


Topik yang mereka bahaspun beragam, mulai dari kesenian hingga politik. Saat ini sudah banyak blogger yang terkenal dan menjadi “selebriti” didunia online dan juga offline.


Sebagian orang menjadikan blogger sebagai hobi, sebagian lain memandang blogging menjadi profesi sampingan yang dapat menambah penghasilan.


Menjadi seorang blogger adalah profesi yang menyenangkan meski tidak begitu mudah untuk di jalani. Ia tidak harus berdiam diri di satu tempat untuk menulis sebuah konten.


Bahkan ada sebagian Blogger yang mengisi kontennya melakukan perjalanan, tapi tentu saja ini tergantung dari jenis blog yang dikelola.


Semenjak semakin mudahnya mengakses internet itulah sebabnya saat ini banyak orang yang menjadi seorang blogger dan melakukan blogging sesuai dengan apa yang mereka kuasai.


Tidak lain dengan admin Blogseger sendiri seorang blogger yang dimana telah banyak menulis artikel dan berbagai macam konten untuk mengisi blog yang Admin kelola.


Kesimpulan

Setiap orang bisa menjadi seorang blogger dan melakukan kegiatan blogging kapan dan dimanapun mereka berada selama masih bisa ada akses internet.


Bagi Anda yang ingin menjadikan hobi menulis Anda sebagai profesi yang Asik nan menyenangkan melalui blog, ayo bersegeralah membuat blog agar bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan.


Namun, jika Anda masih bingung untuk memulai menjadi blogger jangan khawatir, disini, disitus ini akan Admin bimbing sampai bisa.


Dengan ilmu, pengetahuan, dan pengalaman Admin sebagai seorang blogger pemula yang baru mengawali profesi sebagi blogger sejak tahun 2014 akan sangat senang jika harus berbagi hal bermanfaat dan dapat membimbing Anda tentang perbloggeran.


Sebelum Admin tutup, mari dihabiskan dulu secangkir kopi hangat yang masih sedikit tersisa dimeja Anda. Dan semoga artikel sederhana ini dapat menambah ilmu dan wawasan Anda, saya akhiri selamat belajar dan sampai Jumpa!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Terms of Service (TOS) Untuk Blogger Secara Instan yang Mudah

Cara Cek DA (Domain Authority) PA (Page Authority) Blog Secara Gratis

Cara Daftar Internet Banking BRI Beserta Aktivasinya